Produsen Kubah Mushola Kubu Raya
March 24, 2021
Produsen Kubah Masjid Murah Madiun
March 24, 2021
Show all

Cara Memilih Krawangan GRC yang berkualitas di Muara Tebo

krawangan grc

 

Krawangan yaitu suatu panel yang memiliki cukup banyak kegunaan. Panel ini biasanya berupa ukir-ukiran yang tembus maupun bolong sampai ke belakang. Ukiran ini dipasangkan pada sebagian sisi dari rum ataupun sisi tertentu dengan tujuan yang bermacam-macam. Secara umum tujuan pemasangan Krawangan GRC bentuk apa pun terdiri dari:

  • Ventilasi angin. Fungsi pertama dari krawangan ini yaitu buat saluran angin. Bentuknya yang memiliki banyak lubang akan gampang angin masuk serta keluar dengan baik. Maka dari itu mengapa panel ini banyak digunakan pada bangunan yang mempunyai banyak ruang dan sedikit sekali perputaran udara.
  • Pencahayaan natural. Penerangan natural bisa didapatkan dengan memasang krawangan di sebagian lokasi. Ketika pagi hingga siang hari, cahaya bisa menembus krawangan serta masuk ke ruangan. Begitulah kenapa krawangan banyak digunakan pada bangunan besar termasuk masjid.
  • Menambah sisi estetika. bentuk krawangan yang ada pada luaran sana jenisnya ada banyak mulai dari yang biasa sampai yang memiliki model istimewa yang memiliki bentuk tertentu bisa dipakai buat menaikkan sisi estetika dari ruangan alias outdoor seperti halaman.
  • Pembatas ruangan. kegunaan lain mulai krawangan yakni sekat ruangan. Contoh memisahkan antara dapur dengan kebun belakang. Dengan krawangan, Agan masih dapat memandang sisi luar mulai ruangan dan membuat sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Kontraktor Ornamen Krawangan GRC di Muara Tebo Produsen Profesional

Dengan manfaat yang lumayan banyak di atas, krawangan jadi banyak digunakan untuk berbagai keperluan. jenis materialnya pun beragam mulai dari yang biasa dan yang terbaik. Inilah sebagian jenis bahan krawangan.

  • Aluminium ataupun Logam yang lain

Bahan pertama yang banyak dipakai buat krawangan adalah aluminium maupun bentuk logam lainnya. Bahan tersebut dikenal mempunyai banyak kelebihan seperti tahan lama dan dapat diwarnai dengan warna khusus. Pemasangannya juga gampang dilakukan walaupun secara harga jauh lebih mahal.

Karena terbuat dari logam, kemungkinan terjadi korosi atau kerusakan masih bisa. Maka dari itu krawangan dari material logam lebih banyak digunakan buat kebutuhan indoor alih-alih buat kebutuhan luar ruangan seperti hiasan di taman.

  • Beton

Bahan beton pun bisa dipakai buat membuat krawangan. Bahan yang berasal mulai semen dan komponen konsentrat lainnya dicetak ke lempeng-lempeng yang memiliki model khusus. Selanjutnya setelah kering dapat dibereskan serta dapat segera dipasangkan.

Krawangan dari bahan beton tersebut terbilang kokoh serta tak mudah sekali remuk. Sayangnya, material yang digunakan membikin krawangan ini menjadi agak berat saat dipasang serta barangkali pecah juga ada jika terbentur benda keras.

  • Batu Alam

Batu alam pun banyak digunakan untuk krawangan dengan melakukan pemotongan dan juga pengukiran. material ini dapat digunakan untuk kebutuhan di dalam ruangan ataupun outdoor. Karena batu tak akan mengalami karatan, jika dipajang di outdoor pun akan tetap kokoh

Mungkin kelemahan dari batu alam adalah mudah patah jika terbentur yang cukup kokoh. Misal ketika pemasangan terjatuh, batu akan gampang patah, apalagi jika jika batu yang ada terbilang tak kuat. Sebab itu, jika akan memasang krawangan model tersebut wajib dilakukan dengan sangat waspada.

  • Kayu

Kayu yakni bahan yang paling mudah dibentuk jadi apa pun. Tidak hanya buat bermacam-macam produk furnitur yang ada di dalam rumah saja. Kayu juga dapat dipakai untuk membuat krawangan. Semua model dari kayu bisa dipakai untuk bahan krawangan, asalkan kayu tersebut mudah diukir dan tahan lama.

Meskipun kayu dapat dipakai untuk membuat krawangan, material ini memiliki kekurangan kayak kemungkinan gampang patah besar, mudah lapuk termakan waktu, terbakar, sampai dimakan oleh rayap. Jadi, dibutuhkan perawatan istimewa untuk membikin krawangan kayu jadi tahan lama.

  • GRC

Material terakhir yang bisa dipakai buat membikin krawangan adalah GRC. Material tersebut dikenal cukup kokoh serta dapat dipakai di mana pun, baik itu di dalam ruangan alias luar ruangan. Dibanding bahan lain yang disebutkan sebelumnya, krawangan GRC memiliki hampir semua keunggulannya.

Dengan kelebihan yang luar biasa tersebutlah krawangan GRC jadi banyak digunakan oleh masyarakat. Bahkan, hampir semua bangunan besar seperti masjid memasangnya.

Pada tulisan ini kita akan membahas segala hal tentang krawangan khususnya krawangan GRC mulai dari kelebihan kegunaan, sampai pemasangannya. Berikut uraian selengkapnya.

krawangan grc

Mengenal Bahan GRC

Di atas kita sudah membahas kalau material yang dipakai untuk membuat krawangan ada beberapa jenis. Bahan yang mulai banyak dipakai masyarakat ialah GRC. Nah, sebelum kami jelaskan lebih detil tentang krawangan GRC, sebaiknya kita sampaikan GRC itu apa.

Mengenal Bahan GRC

Glass Reinforced Concrete (GRC) maupun juga dikenal dengan nama Glass Fibre Reinforced Concrete ialah bahan mix antara beton serta fiber glass. Fiber glass yang dipakai berdaya tahan tinggi serta tahan alkali. Material ini membikin GRC tidak mudah rusak. Selanjutnya perpaduan semen yang digunakan juga kualitas terbaik biar tambah menguatkan bahan.

Jika tak diamati dengan detil, antara GRC dan beton jika dilihat gak ada perbedaan ataupun hampir tidak ada perbedaan. Keduanya sama-sama kuat kelebihan serta tahan banting. Kendati begitu, GRC mempunyai kelebihan khusus yang membuat lebih bagus dari bahan beton yang lebih lumrah dipakai.

Konsultasi via whatssap klik >>>> DISINI

Konsultasi via whatssap klik >>>> DISINI

Baca juga artikrl lainnya :

Keunggulan Material GRC

Semenjak kemunculannya, GRC hanya dipakai buat interior ruangan saja. Namun, lambat laun pengaplikasiannya bertambah seperti untuk bahan krawangan. Pemilihan GRC buat produksi krawangan maupun produk lain bukan tanpa alasan. Bahan ini mempunyai lumayan banyak keunggulan jika disandingkan dengan bahan yang lain.

Keunggulan nomor satu mulai bahan GRC yaitu cukup ringan. Meski bentuknya seperti adukan beton yang tebal serta juga berbobot, Ketika diangkat tidak terlalu berat. Dengan kelebihan tersebut pasti pemasangan krawangan akan lebih gampang dan tidak berisiko membikin krawangan terjatuh alias sampai melukai.

GRC yang ringan dan kokoh memudahkan kontraktor memakainya untuk berbagai model proyek bangunan. Bahkan proyek bangunan bertingkat yang sangat tinggi seperti hotel maupun gedung pencakar langit bisa menggunakan krawangan tersebut tanpa takut membenahi pondasi di bawah.

Dengan kekokohan setara dengan beton, GRC gampang sekali diaplikasikan ke banyak sisi mulai kontruksi. Dengan bahan GRC, kemungkinan krawangan terbakar maupun dikarenakan gempa bumi dan sejenisnya akan sangat kecil. Bangunan bisa terlindungi dengan baik setiap harinya.

GRC Memiliki Banyak Kegunaan

GRC tidak hanya digunakan untuk krawangan saja. Hal lain yang bisa dibuat dengan memakai bahan GRC, salah satunya ialah lisplang. Bahan yang kokoh dan ringan membikin GRC bisa digunakan di mana saja dan dicetak menjadi apa pun tanpa takut mudah patah

Dengan kemampuan yang memiliki banyak kegunaan, bahan GRC dapat digunakan untuk kebutuhan desain interior dan eksterior. Banyak bangunan besar kayak masjid menggunakan material GRC dibandingkan dengan bahan lain seperti beton atau metal. Satu bahan saja dapat diproduksi jadi banyak produk yang memiliki banyak manfaat.

Krawangan GRC itu apa?

Setelah membahas bahan GRC nan sangat kokoh dan juga krawangan, kita dapat mengulas apa itu yang dinamakan dengan Krawangan GRC. Di pembahasan di atas, Kamu pasti sudah bisa mengartikan sendiri jika krawangan GRC yaitu krawangan yang dibuat dari material GRC.

Kegunaan dari krawangan pada umumnya dimiliki oleh produk tersebut serta kegunaan dari bahan GRC juga didapatkan. Kombinasi dari 2 hal itu menciptakan produk krawangan yang tak hanya bisa digunakan sesuai dengan kegunaannya, tapi juga mempermudah|memudahkan} kontraktor dalam memasang serta perawatan. Apalagi produk ini tidak mudahpatah

keunggulan Krawangan GRC

Pemilihan krawangan GRC untuk desain interior serta eksterior dari rumah tidak tanpa alasan. Ada banyak keunggulan dari produk ini yang membikinnya banyak digunakan oleh masyarakat. Inilah beberapa keunggulan dan mulai krawangan GRC yang membuatnya banyak digunakan untuk rumah serta bangunan besar.

  1. Material GRC Solid

Bahan krawangan GRC cenderung lebih stabil dibandingkan dengan bahan lainnya. Maksud dari kesolidan bahan ini yaitu gak adanya perubahan pada krawangan baik itu jadi mengerut ataupun mungkin jadi memuai. Kalau material logam kemungkinan besar bisa membesar atau mengerut karena suhu yang cukup panas maupun terlalu dingin.

Dengan material yang lebih solid tersebutlah kerusakan tidak akan terjadi. Berbagai jenis kerusakan yang kemungkinan besar terjadi yakni bahan krawangan terlepas alias mengalami retak. Apalagi model krawangan GRC tersebut banyak yang berbentuk panel utuh. Kalau sampai terjadi masalah pada pemuaian bahan, bisa merusakkan keseluruhan desainnya.

  1. Bahan GRC Tahan Api

Kalau panel krawangan GRC yang dari rumah ataupun masjid memakai bahan kayu, masalah yang besar bisa saja terjadi. Contoh terjadi tragedi kebakaran, bagian panel alias saluran akan mudah sekali runtuh. Jikalau sebagian besar bagian panel terbuat bahan GRC termasuk buat krawangan, kemungkinan besar akan sulit sekali terjadi kebakaran. Api akan sulit membakar material krawangan GRC. Kemampuan yang hebat ini membikin krawangan GRC harus dipakai untuk membuat panel maupun ventilasi di rumah yang lokasi berada di pemukiman padat kalau terjadi tragedi seperti kebakaran, paling tidak masih ada bagian yang tidak terbakar ataupun menghalangi api buat masuk lebih dalam.

  1. Anti Rayap

Selain tragedi kebakaran maupun akibat api, faktor utama bagian saluran atau panel pelindung dari rumah tak kokoh serta akhirnya roboh adalah rayap. Hewan kecil yang suka sekali memakan kayu tersebut bisa menggerogoti apa saja serta akhirnya jadi lapuk. Kalau Agan menggunakan krawangan terbuat dari kayu, kemungkinan besar bisa habis serta akhirnya tak memberikan perlindungan ke rumah.

Krawangan mempunyai fungsi buat melindungi rumah dari sinar matahari berlebihan dan air hujan. Jikalau bahan ini rusak, tentu akan berbahaya untuk isi rumah. Menghindari rusak karena rayap, bahan dari GRC lebih banyak digunakan untuk krawangan dari pada menggunakan kayu. Sebenarnya bahan beton maupun besi dapat dipakai, tetapi harganya lebih mahal.

  1. Bisa Untuk Pencahayaan Natural

Tidak dapat dimungkiri lagi jika penggunaan dari krawangan GRC ini bisa membikin ruangan mendapat pencahayaan natural. Nah, pencahayaan natural membantu ruangan yang sangat luas mendapatkan penerangan tanpa perlu boros energi listrik. Contoh krawangan GRC dipasang pada masjid serta juga aula.

Selain pencahayaan natural yang didapat dengan mudah, panel berlubang yang memiliki desain indah tersebut juga menyuplai udara bersih. Anda gak perlu banyak memakai ventilasi berupa jendela maupun angin-angin. Cukup menggunakan GRC krawangan saja semuanya bisa didapatkan. Sirkulasi angin di indoor bisa berputar dengan baik.

  1. Tahan dengan Air Hujan

Letak dari panel atau penyekat biasanya berada di outdoor. Panel untuk pembatas ruangan atau hiasan tersebut pada umumnya dibuat dari krawangan. Jika bahan utama krawangan dari kayu, kemungkinan terjadi pelapukan akan besar.

Produsen Ornamen Krawangan GRC di Muara Tebo melayani pengiriman dari Sabang sampai Merauke

Apalagi sebagian daerah di Indonesia mempunyai cuaca yang tidak bershabat. Contoh daerah Jakarta ataupun Surabaya yang sangat panas saat siang hari serta musim kering. Selanjutnya ketika musim hujan anginnya akan menjadi sangat dingin. Material akan menjadi rapuh sangat besar.

Perubahan yang lumayan drastis tersebut tentunya membikin bahan dari kayu mudahsekali mudah rusak karatan. Kalau sampai mudah rusak korosi ataupun keropos, tentu akan menyebabkan air jadi masuk ke dalam. Kalau Kamu menggunakan krawangan GRC, kejadian seperti tersebut tidak akan terjadi. Air akan sulit merusakkan bahan GRC yang tahan dengan cuaca ekstrem apa pun.

  1. Tak mudah Berkarat

Karatan retak atau pecah ketika melakukan pemasangan sampai perawatan, mungkin terjadi benturan pada krawangan akan besar. Benturan ringan dengan benda yang tak keras, kemungkinan besar tidak menyebabkan kerusakan. Selain itu benturan yang terjadi cukup keras dengan benda yang sangat berat, mungkin tidak akan terjadi retak ataupun rusak

Ketahanan krawangan terhadap benturan agak tinggi, kemungkinan besar tak akan terjadi masalah di lain hari. Meski kejatuhan pohon Bahan yang tahan dengan benturan tersebut akan membuat krawangan jadi lebih awet dan tidak perlu menggantinya sampai bertahun-tahun lamanya.

  1. Model dari Krawangan Sangat Banyak

Krawangan GRC memiliki banyak corak dan juga model. Bermacam-macam dari model tersebut akan mempermudah Kamu buat menghias rumah agar lebih mempunyai estetika. Apabila hanya ingin mendapatkan krawangan dengan fungsi utama atau standar, model krawangan bentuk sederhana dengan desain ukiran lubang basic bisa dipakai secara langsung.

Jika Anda ingin memiliki krawangan dengan bentuk unik, mungkin bisa memilih beberapa desain nan sesuai dengan konsep bangunan ataupun membikin desain sendiri. Sekarang ini beberapa produsen krawangan GRC memiliki beberapa cetakan dari krawangan yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan.

  1. Gampang Dipotong

Krawangan yang dibuat dari bahan GRC memiliki sebagian bentuk serta ketebalan. beberapa jenis krawangan GRC dapat dipotong dengan gampang dengan alat pemotong. Meskipun mudah dibuat dari beton serta kaca, pemotongannya dapat berjalan dengan mudah sehingga kemungkinan akan rusak sangat kecil.

Material krawangan GRC cenderung lebih fleksibel dibandingkan dengan bahan lainnya. Jadi, meski dipotong sekalipun tidak akan gampang mengalami patah maupun mungkin retak. Selama ini kesalahan yang paling sering ditemui ialah kerusakan disaat akan pemotongan krawangan saat akan dipasang di tempatnya.

  1. Hemat Waktu Pengerjaan

Keunggulan lain dari krawangan GRC yang paling besar yakni berbobot ringan. Dibanding dengan bahan yang mudah terbuat dari beton saja, krawangan tersebut cenderung lebih ringan. Dengan bobot yang tidak terlalu besar, pemasangan juga dapat berjalan dengan lebih lancar dan juga cepat.

Meski krawangan terlihat sangat sederhana dan pemasangannya juga gampang, kalau produk tersebut sangat berat, kemungkinan besar akan sulit sekali buat dipasang. Meskipun bisa, waktunya yang dibutuhkannyapun akan lebih lama dan membutuhkan banyak sekali orang buat melakukannya.

Semakin banyak orang yang memasang serta waktunya panjang, tentu biaya yang dibutuhkan juga tambah besar. Begitulah kenapa bahan GRC untuk krawangan lebih dianjurkan daripada bahan lainnya.

  1. Harga Lebih Murah

Jika dibandingkan dengan bahan krawangan lain seperti beton ataupun baja ringan, GRC cenderung lebih mudah
Apalagi bentuk krawangan GRC board yang lumayan minimalis. Harganya lumayan terjangkau dan ukurannya panjang. Kamu bisa memaksimalkan krawangan ini buat banyak lokasi di rumah.

Dengan harga yang lebih murah, operasional yang dialokasikan untuk membikin rumah bisa jauh lebih murah. Maka dari itu bahan GRC dalam bentuk krawangan banyak digunakan untuk proyek kontruksi yang besar. Pengeluaran untuk krawangan dapat diminimalisir agak banyak dan dialokasikan untuk bagian lainnya.

krawangan grc

Ukuran Krawangan GRC

Bentuk dari krawangan GRC bervariasi dan pada umumnya berhubungan dengan ukuran dari panel yang dibuat. Karena GRC krawangan ini berbeda dengan jenis lisplang, Modelnya tak akan memanjang atau bentuk papan. umumnya bentuk dari krawangan jenis apa pun yaitu persegi panjang alias persi dengan sisi tengah berisi motif.

Ukuran dapat disesuaikan dengan keinginan maupun sesuai dengan cetakan yang dimiliki. Sebelum memutuskan buat memasang krawangan GRC, ada baiknya buat melakukan survei ke penjualnya terlebih dahulu. Krawangan GRC akan terlihat jelek jika tempat pemasangan panelnya tidak sesuai ataupun sampai dipotong.

Kalau Kamu memiliki kontruksi besar serta ingin memasang krawangan GRC yang besar pula, ada baiknya untuk memesan model khusus yang ukurannya bisa custom. Dengan ukuran tersebut berapapun ukuran dari bagian rumah yang akan dipasang akan sesuai dengan keinginan.

Model maupun bentuk Krawangan GRC

Model maupun bentuk dari krawangan GRC ini bermacam-macam. Artinya Kamu bisa membuat sendiri desain yang anda mau asal tidak sangat rumit. Terkadang sebagian kontraktor hanya menyediakan cetakan krawangan yang sering dipakai ataupun dipesan. Nah, buat model nan umum dipesan pada umumnya terdiri mulai.

  • Model Kaligrafi. Bentuk kaligrafi dengan tulisan Arab alias ornamen khas semenanjung arab banyak dipakai untuk membuat krawangan apa pun jenisnya termasuk GRC. Model seperti itu banyak digunakan untuk Ventilasi atau elemen estetika di masjid atau kontruksi lainnya.
  • Bentuk Geometri. Model geometri seperti kotak, segitiga, maupun bulat banyak dipakai buat krawangan GRC. Bentuk ini pada umumnya digunakan di rumah-rumah ataupun kantor yang membutuhkan elemen estetika tapi tidak berlebihan.
  • Bentuk Bunga. Bentuk bunga maupun elemen tumbuhan banyak dipakai buat membuat krawangan. Motif itu akan memberikan efek unik jika diletakkan di indoor buat dekorasi ataupun diletakkan di taman untuk skat. beberapa kontruksi besar seperti pusat perbelanjaan juga sering memakai motif tersebut di atap terus di dalamnya diberi lampu.
  • Model Batik. Model terakhir yang sangat sering digunakan yakni batik alias elemen desain tradisional. Elemen batik digunakan buat krawangan GRC untuk memberikan motif istimewa serta juga etnik. Dengan elemen ini ruangan atau bagian yang mempunyai panel krawangan menjadi lebih estetik.

Selain desain umum yang dibahas di atas, ada juga desain yang dapat dibuat sendiri oleh pemesan. Pada umumnya desain itu dibuat dengan minimal pemesanan agar tidak rugi ketika membuat cetakan. Proyek besar seperti hotel atau apartemen pada umumnya memilih untuk memesan krawangan GRC sendiri dan mempunyai logo tertentu.

Harga Krawangan GRC

Harga KRC krawangan biasanya ditentukan oleh beberapa faktor di bawah ini:

  • Tempat dari produksi dan pengiriman. Harga GRC krawangan Bandung akan berbeda dengan yang ada di Solo ataupun Jakarta. Maka, pilihan lokasi yang sekiranya berdekatan dengan proyek.
  • Luas krawangan tersebut. pada umumnya per m2 krawangan, memiliki harga yang berbeda-beda. Harga semakin mahal, jika ukurannya semakin besar.
  • Selain ukuran per m2, motif dari krawangan itu sendiri juga menentukan. Kalau designnya lumayan sulit serta banyak lubang, kemungkinan biayanya akan semakin mahal. Hal ini terjadi karena cara produksinya akan butuh waktu yang tidak sebentar.

Sekian penjelasan tentang krawangan GRC yang lazim dipakai untuk mendesain bagian ventilasi atau panel pemisah dari bangunan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Agan serta dapat digunakan sebagai rujukan saat akan memasang krawangan GRC maupun membeli produk ini lokasi yang tepat.

Kalau Kamu berminat membeli produk GRC baik krawangan atau bentuk apa pun, sebaiknya untuk segera menghubungi kami. Anda bisa melakukan konsultasi dengan menghubungi layanan live chat langsung dari website.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.